Lab komputer

Tangerang Jatiuwung

Laboratorium Komputer

Pada era globalisasi sekarang ini pemanfaatan komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama dalam setiap kegiatan sehari hari kita. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor utama, yaitu :
1. Perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Era kesejagatan, dimana perkembangan teknologi merupakan urat nadi utama kehidupan telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang secepat dan setepat mungkin.

Dunia industri sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi mau tidak mau harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini, sebab dengan pemanfaatan teknologi yang optimal, maka akan tercapai efisiensi dan efektifitas kerja, meningkatkan ketelitian dalam suatu biang pekerjaan, serta memperluas jenis pekerjaan yang dapat dilakukan tiap satuan waktu.

Namun, ada masyarakat tertentu yang belum mampu mengikuti perubahan ini. Mereka terancam terlindas oleh perubahan jaman, sehingga nantinya akan menjadi penonton di lapangan sendiri dan menjadi tamu di rumah sendiri. Program inovasi ini mencoba untuk mencegah hal itu terjadi, utamanya dalam bidang komputerisasi dan pendidikan


2. Komputer, sebagai salah satu perangkat utama pendidikan

Perkembangan teknologi ini juga berimplikasi terhadap pemanfaatan berbagai sarana dan prarasana teknologi,contohnya adalah komputer. Beberapa tahun yang lalu, komputer dianggap sebagai sesuatu yang mewah dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Namun, seiring dengan perubahan waktu dan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi, maka komputer telah menjadi suatu hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan, utamanya di Pondok Pesantren bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang terdidik dan terlatih bukan hanya dalam bidang keagamaan saja tetapi mampu memiliki daya saing dengan lulusan lembaga pendidikan formal biasa. Oleh sebab itu, pengetahuan komputer mutlak diberikan kepada peserta diklat, agar mereka dapat bersaing di dunia kerja yang telah memanfaatkan teknologi.

Berdasarkan paparan di atas, maka Pondok Pesantren Modern Al-kamil mencoba untuk mengembangkan suatu program inovasi untuk membangun sebuah lembaga pendidikan yang selain mengajarkan pendidikan agama tetapi sekaligus membekali ilmu-ilmuĀ IT kepada peserta didiknya supaya menghasilkan lulusan yang mapan dalam IMTAQ dan IPTEK.